dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Student Team Achivement Divisions (STAD) diselingi Motivasi dan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Student Team Achivement Divisions (STAD) Berbantu Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Kubus dan Balok Di SMP Negeri 31 Medan T.P. 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 31 Medan, dan dipilih tiga kelas yang menjadi sampel, yaitu : kelas VIII-5 sebagai kelas ekperimen 1 diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD diselingi Motivasi dimana rata-rata adalah 77,28, kelas VIII-4 sebagai Ekperimen II diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantu Alat Peraga dimana rata-rata adalah 84,28 dan kelas VIII-6 sebagai kelas kontrol diajarkan dengan Konvensional dimana rata-rata adalah 60,03. Hasil perhitungan dengan ujian alisis varians diperoleh〖 F〗_(hitung ) = 32,26 dan〖 F〗_tabel= 3,09 ternyata 〖 F〗_(hitung )>〖 F〗_tabel sehingga〖 H〗_0 ditolak yang berarti ada perbedaan dari ketiga sampel tersebut. Karena H_0 ditolak, maka dilanjutkan ke uji tukey. Dari perhitungan diperoleh nilai Q_A=6,9714 dan Q_tabel=3,43 sehingga Q_A>Q_tabel, maka 〖 H〗_0ditolak yang berarti kelas ekperimen 2 lebih baik daripada kelas eksperimen 1, nilai Q_B=24,15098 dan Q_tabel=3,43 sehingga Q_B>Q_tabel, maka 〖 H〗_0ditolak yang berarti kelas ekperimen 2 lebih baik daripada kelas kontrol, dan nilai Q_C=17,17956 dan Q_tabel=3,43 sehingga Q_C>Q_tabel, maka 〖 H〗_0ditolak yang berarti kelas ekperimen 1 lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan pengujian Tukey, maka dapat disimpulkan ada perbedaan dari ketiga sampel, sehingga dapat diharapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantu Alat Peraga dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik. | en_US |