GAMBARAN KECENDERUNGAN IMPULSIVE BUYING PADA DEWASA AWAL PENGGUNA PAYLATER
Abstract
Pembelian impulsif adalah suatu kecenderungan membeli secara tiba-tiba atau spontan, tanpa perencanaan yang matang. Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran kecenderungan impulsive buying pada dewasa awal pengguna paylater. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan responden penelitian berjumlah 102 orang dewasa awal yang menggunakan paylater, berusia 18-29, telah menggunakan paylater minimal satu bulan dan intensitas penggunaan paylater minimal 3 kali dalam sebulan. Variabel Impulsive buying diukur dengan skala berdasarkan aspek- aspek milik Verplanken dan Herabadi. Impulsive buying dalam penelitian ini dideskripsikan berdasarkan jenis kelamin, usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan perbulan, domisilih, pendidikan terakhir dan lama penggunaan paylater. Diperoleh kesimpulan bahwa: Berdasarkan kategori umum, didapatkan bahwa kecenderungan impulsive buying pada pengguna paylater dewasa awal lebih banyak pada kategori sedang yaitu sebesar 54,9%. Kecenderungan impulsive buying pada pria dan wanita ditemukan tidak jauh berbeda, dimana pada wanita sebesar 56,7% berada pada kategori sedang dan pada pria sebesar 52,4% berada pada kategori sedang.
Collections
- Ilmu Psikologi [308]