Show simple item record

dc.contributor.authorMANURUNG, LUSI
dc.date.accessioned2024-01-22T04:11:56Z
dc.date.available2024-01-22T04:11:56Z
dc.date.issued2024-01-22
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9999
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar matematika siswa kelas VIII pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dengan model pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini dilakukan di SMP Yayasan Perguruan Nasional Etislandia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kualitatif deskriftif. Adapun yang menjadi responden pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII A SMP Yayasan Perguruan Nasional Etislandia. Pengambilan data diambil dengan menggunakan Tes untuk mengetahui secara mandiri dalam menyelesaikan soal yang diberikan pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Kemudian dilanjutkan dengan penyebaran angket untuk mengetahui kemandirian ke dalam tingkat kategori tinggi, sedang, dan rendah pada pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemandirian belajar matematika siswa kelas VIII A SMP Yayasan Perguruan Nasional Etislandia berada pada tingkat kategori sedang. Dari 27 siswa terdapat 78% atau sebanyak 21 siswa sudah berada pada kategori sedang dengan capaian keempat indikator yaitu percaya diri, inisiatif, disiplin dan tanggung jawab.en_US
dc.subjectKemandirian,en_US
dc.subjectPembelajaran Matematika,en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Jigsawen_US
dc.titleANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII SMP YAYASAN PERGURUAN NASIONAL ETISLANDIAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record