Show simple item record

dc.contributor.authorSIANTURI, DAPOT MARITO
dc.date.accessioned2024-01-22T04:04:15Z
dc.date.available2024-01-22T04:04:15Z
dc.date.issued2024-01-22
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9998
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa pada materi bilangan bulat dikelas VII-7 SMP Negeri 1 Patumbak. Jenis penelitian ini adalah penelitian metode campuran dengan populasi penelitiannya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Patumbak. Dengan menggunakan teknik simple random sampling diperoleh sampel penelitian di kelas VII-7. Instrumen yang digunakan Observasi, Preetest dan Posttest, Angket dan Wawancara. Setelah melaksanakan penelitian, hasil tes berpikir kritis preetest sebelum mendapat perlakuan RME dengan nilai rata-rata 4,0 dan nilai rata- rata posttest setelah diberi perlakuan RME adalah 8,2 berarti sebaiknya menggunakan metode pembelajaran RME karena dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa. Berdasarkan hasil perhitungan rat-rata N-Gain diperoleh sebesar 0,6 berdasarkan kategori N- Gain pada rentang nilai 0,30 ≤ g ≤ 0,70 sehingga dapat disimpulkan berkategori sedang. Simpulan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran RME dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswaen_US
dc.subjectRealistic Mathematics Education,en_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritis,en_US
dc.subjectDisposisi Matematis,en_US
dc.subjectBilangan Bulaten_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Disposisi Matematis Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Patumbaken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record