Show simple item record

dc.contributor.authorSIANTURI, SYLVIA TIURMA LAMGANDA
dc.date.accessioned2024-01-22T03:12:56Z
dc.date.available2024-01-22T03:12:56Z
dc.date.issued2024-01-22
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9990
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Berastagi pada kelas X IPA 1 yang diambil sampel secara acak sebanyak 35 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui kemampuan penalaran matematis terhadap hasil belajar aspek kognitif berdasarkan indikator penalaran matematis. Dan untuk menganalisis dan mengetahui kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar aspek kognitif berdasarkan indikator pemecahan masalah. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah sebanyak 10 butir soal essay penalaran matematis dan 10 butir soal essay pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). Validasi instrumen dicari dengan taraf signifikansi α = 5%. Berdasarkan analisis hasil tes pada penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa pada pembelajaran matematika dikategorikan sedang. Hal ini bisa dilihat dari skor rata- rata siswa pada kemampuan penalaran matematis 73,4 yang termasuk dalam kategori sedang dan rata-rata siswa pada kemampuan pemecahan masalah 72,54 yang termasuk dalam kategori sedang.en_US
dc.subjectPenalaran Matematis,en_US
dc.subjectPemecahan Masalah,en_US
dc.titleANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM PENALARAN MATEMATIS DAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) DI KELAS X SMA NEGERI 1 BERASTAGI T.A 2023/2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record