Show simple item record

dc.contributor.authorBR. GURNING, MARIA RAHAYU
dc.date.accessioned2023-12-14T04:50:40Z
dc.date.available2023-12-14T04:50:40Z
dc.date.issued2023-12-14
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9800
dc.description.abstractPembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Sei Kanan telah menggunakan kurikulum 2013 (K13) namun hasil pra penelitian yang dilakukan peneliti melalui wawancara dengan guru bahahasa indonesia menyatakan kalau dari 50 orang siswa dikelas saat pembelajaran membaca pemahaman hanya sekitar 25 siswa saja yang mencapai KKM. Oleh hal itu untuk mengatasi masalah tersebut dan agar proses pembelajaran lebih efektif, guru sebaiknya memilih dan menggunakam metode daalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (SQ4R) merupakan metode pembelajaran yang dapat memperkuat pemahaman siswa terhadap materi yang dibacanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada Pengaruh Penggunaan metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review, dan Reflect (SQ4R) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tindakan experiment dan desain penelitian Posttest-Only Control Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Teknik sampel pada penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Tekni pengumpulan yang digunakan yaitu tes, kemudian data hasil tes diperoleh lalu dilakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai yang diperoleh dalam kelas eksperimen yaitu, dari 30 orang siswa dengan nilai rata- rata 83.5, yang mendapat nilai sangat baik dilihat dari hasil tes terdapat 13 orang siswa atau 43.3%, yang mendapat nilai baik terdapat 14 orang siswa atau 46.7%, dan yang mendapat nilai cukup hanya 3 orang siswa atau 10%. Karena t0 lebih besar dari ttabel yaitu 1.67 < 9.33. Maka hipotesi nol (h0) ditolak dan hipotesis akhir (hα) diterima. Hal ini membuktikan bahwa Penggunaan Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review, dan Reflect (SQ4R), berpengaruh Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita 61 Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun pembelajaran 2023/2024. Pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Sei Kanan telah menggunakan kurikulum 2013 (K13) namun hasil pra penelitian yang dilakukan peneliti melalui wawancara dengan guru bahahasa indonesia menyatakan kalau dari 50 orang siswa dikelas saat pembelajaran membaca pemahaman hanya sekitar 25 siswa saja yang mencapai KKM. Oleh hal itu untuk mengatasi masalah tersebut dan agar proses pembelajaran lebih efektif, guru sebaiknya memilih dan menggunakam metode daalam proses pembelajaran. Metode pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (SQ4R) merupakan metode pembelajaran yang dapat memperkuat pemahaman siswa terhadap materi yang dibacanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada Pengaruh Penggunaan metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review, dan Reflect (SQ4R) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tindakan experiment dan desain penelitian Posttest-Only Control Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Teknik sampel pada penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Tekni pengumpulan yang digunakan yaitu tes, kemudian data hasil tes diperoleh lalu dilakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai yang diperoleh dalam kelas eksperimen yaitu, dari 30 orang siswa dengan nilai rata- rata 83.5, yang mendapat nilai sangat baik dilihat dari hasil tes terdapat 13 orang siswa atau 43.3%, yang mendapat nilai baik terdapat 14 orang siswa atau 46.7%, dan yang mendapat nilai cukup hanya 3 orang siswa atau 10%. Karena t0 lebih besar dari ttabel yaitu 1.67 < 9.33. Maka hipotesi nol (h0) ditolak dan hipotesis akhir (hα) diterima. Hal ini membuktikan bahwa Penggunaan Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review, dan Reflect (SQ4R), berpengaruh Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita 61 Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun pembelajaran 2023/2024.en_US
dc.subjectPengaruh Penggunaan metode Pembelajaran SQ4R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita.en_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REFLECT dan REVIEW (SQ4R) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BERITA SISWA/I KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEI KANAN KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN, TA 2023/2024en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record