Show simple item record

dc.contributor.authorLUMBAN GAOL, LASTIOMA T.
dc.date.accessioned2023-12-14T04:36:14Z
dc.date.available2023-12-14T04:36:14Z
dc.date.issued2023-12-14
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9797
dc.description.abstractTujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII Di SMPN 4 Pollung Kabupaten Humbang. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen, menggunakan desain penelitian One Group Pretest dan Posttest. Populasi penelitian 109 dan sampel 27 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling. Hasil penelitian pretest menunjukkan bahwa jumlah siswa yang lulus KKM dalam menulis teks berita berjumlah 3 orang (11%), dan setelah menggunakan model pembelajaran SOLE terdapat peningkatan jumlah siswa yang mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 18 (67%) orang. Didapat Lhitung = 5,58 dan Ltabel =1,70 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) dapat meningkatkan kemampuan menulis berita siswa pada pelajaran bahasa Indonesia pada jenjang SMP kelas VIII.en_US
dc.subjectModel SOLE (Self Organized Learning Environment),en_US
dc.subjectkemampuan menulis teks beritaen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SOLE (SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 POLLUNG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record