Show simple item record

dc.contributor.authorSIDAURUK, JESICA AUGTIE UTARI
dc.date.accessioned2023-12-14T03:05:49Z
dc.date.available2023-12-14T03:05:49Z
dc.date.issued2023-12-14
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9786
dc.description.abstractSalah satu penyebab kemacetan lalu lintas adalah terdapatnya persimpangan jalan. Kapasitas jalan tetap namun jumlah kendaraan selalu bertambah, maka akan terjadi kemacetan akibat melampaui jenuhnya. Tujuan penelitian ini adalah menganilisis kinerja lalu lintas dan mensimulasikan arus lalu lintas dengan perilaku parameter pengemudi dan mengoptimasi Fase Sinyal Lalu Lintas menggunakan Software Vissim. Pada penelitian ini terdapat metode penelitian pengumpulan data volume arus lalu lintas yang didapat dari survei traffic counting, panjang antrian, serta kecepatan kendaraan. Kalibrasi dan Validasi dilakukan secara trial and error untuk mempertimbangkan perilaku pengemudi yang menyerupai kondisi di Indonesia. Hasil analisis menunjukkan waktu siklus baru yang optimal adalah 237 detik, yaitu 4% lebih banyak dari kondisi eksisting. Hasil pada model simulasi belum tentu terjadi penurunan pada tiap lengannya. Karena yang dilakukan pada kondisi scenario ini adalah mencari waktu siklus baru sesuai rasio arus jenuh pada Simpang 4 Aksara Medan, bukan mengurangi panjang antrian pada tiap lengan Simpang.en_US
dc.subjectSimpang Bersinyal, Mikrosimulasi,en_US
dc.subjectVISSIM,en_US
dc.subjectOptimalisasi Sinyal Lalu Lintas.en_US
dc.titlePEMODELAN SERTA EVALUASI KINERJA SIMPANG 4 BERSINYAL DENGAN PERANGKAT LUNAK PTV VISSIMen_US
dc.title.alternative(STUDI KASUS : SIMPANG 4 AKSARA MEDAN)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record