PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PROJECTED MOTION TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK TEKS LAPORAN OBSERVASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 MEDAN
Abstract
Media proyeksi gerak digunakan dalam pembelajaran untuk memperkaya pengalaman belajar siswa dengan visualisasi gerakan. Ini bermanfaat dalam berbagai mata pelajaran seperti matematika, ilmu pengetahuan alam, seni, dan sejarah. Di SMK Negeri 4 Medan, penggunaan media ini dalam pembelajaran menyimak teks laporan observasi diharapkan memotivasi siswa, membantu pemahaman konsep, dan meningkatkan kemampuan analisis mereka, dengan harapan peningkatan prestasi belajar siswa di bidang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas X SMK Negeri 4 Medan dalam menyimak teks laporan observasi sebelum dan setelah penggunaan media projected motion, serta mengetahui pengaruh penggunaan media projected motion terhadap kemampuan siswa dalam menyimak teks laporan observasi. Penelitian ini menggunakan populasi yang berjumlah 50 dan sampel berjumlah 50 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desain eksperimen degan teknik analisis menggunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media projected motion berpengaruh positif signifikan pada kemampuan siswa dalam menyimak teks laporan observasi di Kelas X SMK Negeri 4 Medan.