PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RAFT (ROLE,AUDIENCE, FORMAT,TOPIC) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI SISWA-SISWI SMP NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Penggunaan Strategi RAFT(Role,Audience,Format,Topic) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Argumentasi Siswa-Siswi SMP Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif Eksperimen dengan desain penelitian One grup Pretest dan Posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 30 yang di tentukan dengan Teknik cluster sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Normalitas, uji Homogenitas dan Uji Hipotesis.
Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest menggunakan Strategi Random teks, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 50.26 dan kelas Posttest yaitu 82.13. Hasil uji prasyarat data prettest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi Normal dan Homogen. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan 5% yaitu dk = N1+N2, dk =30+30= 60-2 dari df 58 diperoleh taraf significan 5% = 1,67155 Ttabel. Hail perhitungan yang dilakukan dapat diketahui bahwa Thitung > Ttabel 9.74 >2.04. Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada Pengaruh Penggunaan Strategi RAFT(Role,Audience,Format,Topic) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Argumentasi Siswa-Siswi SMP Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024