PENERAPAN STRATEGI REAP (READ, ENCODE, ANNOTATE, PONDER) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA KELAS VIII SISWA–SISWI SMP SWASTA GKPI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Penerapan Strategi REAP (Read, Encode, Anotate, Ponder) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Kelas VIII Siswa–siswi SMP Swasta GKPI Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif Eksperimen dengan desain penelitian One grup Pretest dan Posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 32. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest menggunakan strategi Strategi REAP (Read, Encode, Anotate, Ponder), diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 51,56 dan kelas Posttest yaitu 78,12. Hasil uji prasyarat data prettest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi Normal dan Homogen. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung> ttabel (9,83>2,03) dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan Strategi REAP (Read, Encode, Anotate, Ponder)di SMP Swasta GKPI Medan Tahun pelajaran 2023/2024