PENGARUH PENGGUNAAN METODE READING GUIDE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA-SISWI KELAS VIII SMP HKBP SIDORAME MEDAN T.A 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Reading Guide Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Pada Siswa-Siswi Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VIII dengan jumlah 60 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian adalah kelas VIII sebanyak 2 kelas. Kelas VIII’1 sebanyak 30 siswa, dan kelas VIII’2 sebanyak 30 siswa yang ditentukan dengan teknik Sampling Jenuh. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest Pengaruh Metode Reading Guide, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 60,93 dengan simpangan baku 9,89 dan nilai rata-rata pada posttest yaitu 81,06 dengan simpangan baku 8,17. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ =0,05, diperoleh Thitung > Ttabel = 6,533 > 1,667. Dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen.
Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Metode Reading Guide Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Pada Siswa - Siswi Kelas VIII SMP HKBP Sidorame Medan T.A 2023/2024