EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN IMAJINATIF TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS CERITA PENDEK DI KELAS IX SMP RK FR XAVERIUS NAMORAMBE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Imajinatif Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Cerita Pendek di Kelas IX SMP RK FR Xaverius Namorambe. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian One group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX dengan jumlah 65 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian adalah kelas IX B. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas menggunakan uji liliefoers, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest Efektivitas Model Pembelajaran Imajinatif, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 58,89 dengan simpangan baku 9,54 dan nilai rata-rata pada posttest yaitu 77,39 dengan simpangan baku 5,48. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan ⍺ =0,05, diperoleh Thitung > Ttabel = 6,014 > 2,06. Dengan demikian bahawa H0 ditolak, dan Ha diterima. Hasil uji prasyarat data pretest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen.
Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan Model Pembelajaran Imajinatif Terhadap Kemampuan Siswa Menulis Teks Cerita Pendek di Kelas IX SMP RK FR Xaverius Namorambe.