Show simple item record

dc.contributor.authorSihite, Jelita
dc.date.accessioned2018-04-05T07:02:34Z
dc.date.available2018-04-05T07:02:34Z
dc.date.issued2018-01-16
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/955
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan model generatif dalam pembelajaran menulis surat pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pollung Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jumlah populasi sebanyak 50 siswa. Dan populasi itu diangkat menjadi sampel.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes penugasan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Model Generatif Dalam Menulis Surat Pribadi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pollung Tahun Pembelajaran 2017/2018”. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 3 Pollung yang berjumlah 50 orang siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan menjadi dua kelas yaitu 25 orang untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berjumlah 25 orang. Tes yang digunkan adalah berupa penugasan menulis surat pribadi, dengan menggunakan model generatif untuk mengetahui efektif atau tidaknya model generatif dalam pembelajaran menulis surat pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pollung, maka uji yang digunakan yaitu uji “t”. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan maka kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pollung dalam menulis surat pribadi proses tanpa menggunakan model generatif memiliki kategori cukup baik dengan memperoleh nilai rata-rata 55,84 serta kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pollung dalam Menulis surat pribadi proses dengan menggunakan model generatif memiliki kategori baik dengan memperoleh nilai rata-rata 78,56. Berdasarkan uji normalitas hasil post-tes dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas, maka diketahuilah thitung =7,80. Selanjutnya dengan dk = (n1+n2 )-2 = 48. Diperoleh taraf 5%= 2,021. Dengan demikian thitung > ttabel yakni 7,80 > 2,021, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti model generatif efektif dalam meningkatkan pembelajaran menulis surat pribadi pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pollung Tahun Pembelajaran 2017/2018.en_US
dc.subjectModel Generatifen_US
dc.subjectMenulis Surat Pribadien_US
dc.title.” Efektivitas Penggunaan Model Generatif Dalam Menulis Surat Pribadi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pollung Tahun Pembelajaran 2017/2018en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record