Show simple item record

dc.contributor.authorSIREGAR, DIAN NARA SEPTIANA ISABEL
dc.date.accessioned2023-11-30T02:58:41Z
dc.date.available2023-11-30T02:58:41Z
dc.date.issued2023-11-30
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9537
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor pendorong terhadap keputusan pembelian iPhone berdasarkan faktor eksternal dan faktor internal pada generasi Z dikalangan mahasiswa di Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Medan yang sampelnya dari Universitas HKBP Nommensen Medan, Universitas Sumatera Utara, Universitas Prima Indonesia, dan Universitas Negeri Medan. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling . Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yang diperoleh dengan pembagian kuesioner melalui angket dan data sekunder yang berkaitan dalam penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas, analisa linear berganda,dan uji hipotesis serta koefisien determinasi(R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor pendorong yang merupakan variabel faktor eksternal dan faktor internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung pada faktor eksternal sebesar 4,035 > ttabel 1,984 dengan signifikan 0,00 < 0,05, dan nilai thitung pada faktor internal sebesar 6,169 > ttabel 1,984 dengan signifikan 0,00 < 0,05. Dengan nilai R2 diperoleh sebesar 0,877 artinya ada pengaruh variabel bebas (X1 dan X2) terhadap variabel terikat (Y) sebesar 87,7% , sedangkan sisanya yang berjumlah 12,3% merupakan pengaruh dari variabel bebas yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Walaupun dalam hal penyimpanan serta kamera iPhone sudah unggul tetapi sebaiknya dalam hal baterai perusahaan atau produsen iPhone dapat meningkatkannya untuk lebih mempengaruhi keputusan pembelian.en_US
dc.subjectFaktor Eksternal,en_US
dc.subjectFaktor Internal,en_US
dc.subjectKeputusan Pembelian.en_US
dc.titleANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENDORONG TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN iPHONE PADA GENERASI Z DIKALANGAN MAHASISWA DI MEDANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record