PENGARUH METODE FOXFIRE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP METHODIST-AN PANCUR BATU TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Abstract
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Methodist-An Pancur Batu tahun pelajaran 2023/2024 berjumlah 128 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelompok kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen two group post-test untuk memperoleh data digunakan penugasan dengan menulis teks laporan hasil observasi di kelas VII SMP Methodist-An Pancur Batu menggunakan metode Foxfire diperoleh skor terendah 40 dan skor tertinggi 76 dengan rata-rata 55,87 pada kelas kontrol, sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh skor terendah 40 dan skor tertinggi 100 dengan rata-rata 70,25. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan maka diperoleh thitung = 6,307 dan ttabel = 2,04 dengan taraf signifikan 5% = 2,04 menuju thitung > ttabel sehingga 6,307 > 2,04 dan maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian,maka dapat disimpulkan bahwa penggunan metode Foxfire berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi di kelas VII SMP Methodist-An Pancur Batu.