PENGARUH MODEL TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI OLEH SISWA/SISWI KELAS VII SMP NEGERI 5 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Abstract
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Binjai tahun pelajaran 2023/2024 berjumlah 103 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen sebanyak 29 siswa dan kelompok kelas kontrol sebanyak 26 siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen two group post-test untuk memperoleh data digunakan penugasan dengan menulis teks deskripsi di kelas VII SMP Negeri 5 Binjai menggunakan model Take And Give diperoleh skor terendah 20 dan skor tertinggi 75 dengan rata-rata 51,53 pada kelas kontrol, sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh skor terendah 40 dan skor tertinggi 85 dengan rata-rata 71,55. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan maka diperoleh thitung = 7,788 dan ttabel = 2,025 dengan taraf signifikan 5% = 2,025 menuju thitung > ttabel sehingga 7,788 > 2,025 dan maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian,maka dapat disimpulkan bahwa penggunan model Take And Give berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks deskripsi di kelas VII SMP Negeri 5 Binjai.