PENGARUH PENGGUNAAN METODE GUIDE NOTE TAKING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA SISWI KELAS VIII DI SEKOLAH SMP METHODIST-AN PANCUR BATU TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Abstract
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di sekolah SMP Methodist-An Pancur Batu Tahun Pelajaran 2023/2024 berjumlah 118 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen sebanyak 29 siswa dan kelompok kelas kontrol sebanyak 29 siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen two group post-test untuk memperoleh data digunakan penugasan dengan menulis teks berita di sekolah SMP Methodist-An Pancur Batu menggunakan metode guide note taking diperoleh skor terendah 20 dan skor tertinggi 65 dengan rata-rata 42,06 pada kelas kontrol, sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh skor terendah 40 dan skor tertinggi 90 dengan rata-rata 72,93. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan maka diperoleh thitung = 4,068 dan ttabel = 2,025 dengan taraf signifikan 5% = 2,025 menuju thitung > ttabel sehingga 4,068 > 2,025 dan maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian,maka dapat disimpulkan bahwa penggunan metode Guide Note Taking berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks berita di kelas VIII SMP Methodist-An Pancur Batu.