PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS FABEL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI 1 LAU BALENG TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vii Smp Negeri 1 Lau Baleng Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Eksperimen. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah diterapkan. Peneliti menentukan yang menjadi populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 di SMP N 1 Lau Baleng. Populasi ini terdiri dari 6 kelas, dengan jumlah 192 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Cluster Sampling atau sampel acak dengan memilih satu kelas dari keenam kelas yang ada dengan syarat bahwa penelitian memberikan hak yang sama kepada setiap subjek untuk memperoleh kesempatan dipilih menjadi sampel. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan maka, dapat diketahui bahwa t_hitung > t_tabel yaitu 7,81 > 2,03. Dengan demikian hipotesis awal (H_0) dan hipotesis alternatif (H_a) diterima sehingga dinyatakan bahwa model Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks fabel.