Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence (Konsep Kalimat) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas Kelas VII SMP N 12 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence (Konsep Kalimat) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas Kelas VII SMP N 12 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan populasi yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah 264 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitif eksperimen dengan desain two group posttest-posttest. Dalam penelitian ini, subjek penelitian adalah kelas 71 yang berjumlah 30 siswa yang menjadi kelas kontrol dengan proses pembelajaran menggunakan model concept sentence dan kelas 73 yang berjumlah 30 siswa yang menjadi kelas eksperimen dengan proses pembelajaran menggunakan metodel konvensional. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Hasil penelitian ini membuktikan adanya Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence (Konsep Kalimat) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas Kelas VII SMP N 12 Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji-t dengan taraf signifikan 0,05, maka diperoleh Thitung > Ttabel yaitu = 3,858078 >1.67155 Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran concept sentence memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.