PENGARUH PENGGUNAAN METODE KNOW-WANT TO KNOW- LEARNED (KWL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BARUS JAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Metode Know-Want to Know Learned Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP N 1 Barusjahe Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre-Test and Post-Test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 1
Barusjahe tahun pembelajaran 2023/2024 yang berjumlah 90 orang yang didistribusikan menjadi 3 kelas dengan jumlah tiap kelas 30 siswa/siswi yang ditentukan dengan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Sesuai dengan metode kuantitatif ini yang berusaha menyajikan data dalam suatu penelitian yang sedang berlangsung Perhitungan hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan uji "t" pada taraf signifikan a= 0,05. Dari data perhitungan thitung >
tabel yaitu 7,25> 1,86 Oleh karena itu, hipotesis nihil (H₂ ) ditolak dan hipotesis alternatif (H₂ ) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya
Pengaruh Penggunaan Metode Know-Want to Know Learned Terhadap
Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP N 1 Barusjahe
Tahun Pembelajaran 2023/2024.