• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Kemampuan Self Efficacy Melalui Pengalaman Mengajar Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa Di SMP Negeri 14 Medan

    Thumbnail
    View/Open
    WELLA RUTH A. SIMBOLON.pdf (315.5Kb)
    Date
    2023-11-23
    Author
    SIMBOLON, WELLA RUTH A.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya minat belajar siswa di SMP Negeri 14 Medan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu pengaruh Kemampuan Self Efficacy Melalui Pengalaman Mengajar Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 14 Medan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Medan, dengan populasi sebanyak 30 guru yang mengajar di kelas, teknik pengambian sampel dalam peneltian ini menggunakan metode sampel jenuh. Tenik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan kuisoner (angket). Uji Prasayarat Analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, uji Homogenitas, uji linearitas dan uji mulitikolinearitas, pada teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda, uji t (pengujian hipotesis secara parsial), uji F (pengujian hipotesis secara simultan) dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunujukkan Self Efficacy (X1) memiliki pengaruh secara parsial terhadap Minat Belajar (Y) dengan nilai thitung > ttabel (3,120 > 1,701). Sedangkan variabel Pengalaman Mengajar (X2) memiliki pengaruh secara Parsial terhadap minat belajar siswa (Y) dengan nilai thitung > ttabel (3,040 > 1,701). Hasil pengujian secara tidak langsung menggunakan Sobel Test Calculator dengan signifikansi 0,05 maka perhitungan mendapat nilai =1,953 > 0,05 maka dari situ tidak terdapat kontribusi pengaruh tidak langsung antara self efficacy (X1) melalui Pengalaman Mengajar (X2) terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa (Y). Dengan menggunakan uji F pada tingkat signifikansi 0,05, hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara self efficacy (X1) dan pengalaman mengajar (X2) secara Bersama -sama terhadap minat belajar siswa (Y). Hal ini terlihat dari nilai Fhitung> Ftabel sebesar 8,814 > 3,34.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9411
    Collections
    • Pendidikan Ekonomi [277]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback