PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SERBANEKA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BERAMPU
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Serbaneka Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Pada siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Berampu.Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif Eksperimen dengan desain penelitian two grup Posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan jumlah siswa 31 yang di tentukan dengan Teknik cluster sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Normalitas, uji Homogenitas dan Uji Hipotesis.Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen posttest, diperoleh nilai rata-rata pada kelas kontrol yaitu 54,03 sedangakan pada kelas eksperimen diperoleh rata – rata yaitu 73,54. Hasil uji prasyarat data posttest menyatakan sampel terdistribusi Normal dan Homogen. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan 5% dengan df = N – 1, df yaitu 31- 1 = 30. Dari df 30 diperoleh taraf signifikan 5 % = 2,04. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan maka diketahui bahwa Thitung > Ttabel yaitu 6,00>2,04. Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada Pengaruh Penggunaan Media Serbaneka Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Berampu.