HUBUNGAN PENGUASAAN AFIKS DALAM MEMBANGUN KALIMAT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Penguasaan Afiks Dalam Membangun Kalimat Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Mengetahui dengan penguasaan afiks dalam membangun kalimat dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi.
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif melalui desain korelasional. Mendeskripsikan tingkat hubungan antara penguasaan afiks dalam membangun kalimat dengan keterampilan menulis teks deskripsi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan jumlah 174. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik kluster sampling. Teknik dengan mengacak kelompok kelas kemudian kelas yang terpilih adalah yang menjadi sampel yaitu VIII-C sebanyak 29 siswa. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan deskriptif data diikuti dengan persyaratan analisis yaitu untuk menguji hipotesis yang diajukan digunakan rumus korelasi Product Momen signifikansi 5%.
Hasil dari penelitian diperoleh nilai rata-rata untuk penguasaan afiks dalam membangun kalimat yaitu 70,68 dengan standar deviasi 11,473 dan untuk nilai rata-rata dari kemampuan menulis teks deskripsi yaitu 76,55 dengan standar deviasi 10,728. Hasil uji prasyarat data penguasaan afiks dalam membangun kalimat dan kemampuan menulis teks deskripsi menyatakan sampel terdistribusi normal. Dari hasil perhitungan rxy dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 29 yaitu 0,411 > 0,367, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti terdapat Hubungan Penguasaan Afiks Dalam Membangun Kalimat Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.