PENGARUH PENGGUNAAN METODE SUGGESTOPEDIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS lX SMP NEGERI 1 SIEMPAT NEMPU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode suggestopedia terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Siempat Nempu. Jenis peneliian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian One grup Pretest dan Posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX dengan jumlah siswa 30 yang ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik analis data yang digunakan adalah uji Normalitas, uji Homogenitas dan uji Hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen prettest dan posttes menggunakan metode suggestopedia,diperoleh nilai rata rata prettest yaitu 50,33 dab kelas posttest yaitu 79,1. Hasil ui prasyarat data prettest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi normal dan homogen. Dari hasil penelitian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraap signifikan 5% yaitu dk = n-k =20-2=28, diperoleh tarap signifikan 5% = 1,70113 Ttabel. Hail perhitungan yang dilakukan dapat diketahui bahwa Thitung > Ttabel = 13,537 > 1,70113. Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada pengaruh penggunaan metode suggestopedia terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Siempat Nempu.