PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI TERHADAP KETERAMPILAN SISWA MENULIS PARAGRAF DI KELAS VII SMP NEGERI 1 PARBULUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Keterampilan Siswa Menulis Paragraf di Kelas VII SMP NEGERI 1 PARBULUAN”.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif Eksperimen dengan desain penelitian One grup Pretest dan Posttest design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan jumlah siswa 180 orang dan yang menjadi sampel ini adalah kelas VII-4 sebanyak 30 siswa dan kelas VII-5 sebanyak 30 siswa yang di tentukan dengan Teknik Cluster Sampling . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Normalitas, uji Homogenitas dan Uji Hipotesis.
Setelah dilakukan penlitian pada kelas kontrol pretest dan posttest, di peroleh nilai rata-rata pretest yaitu 60 dengan simpangan baku -1,27 dan nilai rata-rata pada posstest yaitu 77,26 dan simpangan baku -3,27 dari hasil pengujian hipotetis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” tabel pada taraf signifikan 5% dengan df = N-2. df yaitu 30 maka 28. Dari df 28 diproses taraf signifikan 5% = 1,701. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan maka, dapat diketahui bahwa thitung> ttabel yaitu 6,76 > 1,701. Dengan demikian hipotesis nihil (HO) di tolak dan hipotesis di terima sehingga dinyatakan bahwa penerapan pembelajaran diferensiasi berpengaruh terhadap kemampuan menulis.