Show simple item record

dc.contributor.authorHASIBUAN, GEBI OCTAMYO
dc.date.accessioned2023-11-08T06:11:30Z
dc.date.available2023-11-08T06:11:30Z
dc.date.issued2023-11-08
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8998
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keragaman produk dan kualitas pelayanan terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT. BPR NBP 8 Kantor Cabang Parongil Kecamatan Silima Pungga-pungga baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif, dengan populasi 3.096 nasabah dan melalui rumus Slovin diperoleh jumlah sampel 97 responden. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrument yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis yang terdiri dari uji-t, uji-F dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keragaman produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung 9,489 > ttabel 1,985 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung 4,881 > ttabel 1,985 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Secara simultan didapatkan bahwa keragaman produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah, hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung = 121,149 > Ftabel = 3,09 dan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,720 artinya variabel peningkatan jumlah nasabah dapat dijelaskan oleh keragaman produk dan kualitas pelayanan sebesar 72%. Sedangkan sisanya 28% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari penelitian ini seperti promosi, keunggulan produk dan strategi pemasaran. Disarankan kepada perusahaan untuk terus melakukan inovasi, meningkatkan kualitas pelayanan, melakukan promosi dan pengenalan produk kepada masyarakat agar masyarakat mengetahui dan tertarik dengan produk perbankan yang ditawarkan sehingga berdampak pada peningkatan jumlah nasabah setiap tahunnya.en_US
dc.subjectKeragaman Produk,en_US
dc.subjectKualitas Pelayanan,en_US
dc.subjectdan Peningkatan Jumlah Peningkatanen_US
dc.titlePENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA PT. BPR NBP 8 KANTOR C A B A N G P A R O N GI L K E C AM A T AN SILIMA PUNGGA-PUNGGAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record