P E N G A R U H F A K T O R M I N D S E T , P E N G E T A H U A N D A N M O T I V A S I T E R H A D A P M I N A T B E R W I R A U S A H A M A H A S I S W A F A K U L T A S I L M U S O S I A L D A N I L M U P O L I T I K UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor mindset, pengetahuan dan motivasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas HKBP Nommensen Medan baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah populasi 412 orang dan jumlah sampel 80 responden. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrument yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis yang terdiri dari uji-t, uji-F dan koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor Mindset berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (3,294)
> ttabel (1,9916) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha, hal ini ditunjukkan dengan nilai
thitung (2,777) > ttabel (1,9916) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (3,128) > ttabel (1,9916) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Secara simultan didapatkan bahwa Faktor Mindset, Pengetahuan dan Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat berwirausaha, hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung (9,787) > Ftabel (2,72) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,111 artinya bahwa variabel Minat Berwirausaha mampu dijelaskan oleh Faktor Mindset, Pengetahuan dan Motivasi mampu dijelaskan sebesar 11,1%%. Sedangkan sisanya 88,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari penelitian ini seperti peluang, pengalaman, kreativitas. Peneliti menyarankan dalam meningkatkan minat mahasiswa dalam berwirausaha hendaknya dilakukan seminar kewirausahaan, program pelatihan dan kreativitas dan hal ini dilakukan agar mahasiswa paham betapa pentingnya pengetahuan tentang kewirausahaan
Collections
- Ilmu Administrasi Niaga [192]