PENGARUH METODE SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Scramble Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Kunatitatif eksperimen dengan desain eksperimen posttest-only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 30 yang tentunya dengan teknik sampling jenuh.Teknik analisis data digunakan adalah uji hipotesis, uji homegenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan untuk eksperimen posttest dan posttes menggunakan metode scramble, diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol posttes 56,73 dan dikelas eksperimen 78,2. Berdasarkan hasil perhitungan Setelah itu, nilai yang diketahui akan disesuaikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1, df = 30-1 menjadi 29. Berdasarkan df 29 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,045. Berdasar perhitungan yang telah dilakukan maka, dapat diketahui bahwa t_hitung>t_(tabel ) yaitu 10,80 > 2,045. Dengan demikian hipotesis awal (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dinyatakan bahwa Metode Scramble Berpengaruh Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita.