PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DI KELAS VII SMP HKBP SIDORAME MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model contextual teaching and learning terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan Tahun Ajaran 2023/2024 berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain One-Grup Pretest-Posttest Design .Untuk memperoleh data digunakan penugasan menulis teks deskripsi di kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan sebelum model Contextual Teaching and Learning diperoleh skor terendah 35 dan skor tertinggi 85 dengan rata-rata 59,66 dan sesudah menggunakan model Contextual Teaching and Learning diperoleh skor terendah 45 dan skor tertinggi 95 dengan rata-rata 72,33. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh Thitung = 4,127 dan Ttabel = 2,045 dengan taraf signifikan 5% = 2,045 menuju Thitung > Ttabel. maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks deskripsi kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan.