PENGARUH PENDEKATAN MULTIMODAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Multimodal Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Teks Ulasan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian one group pretest dan posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 30 siswa yang di tentukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan posttest menggunakan pendekatan multimodal, diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu 60,53 dan kelas posttest yaitu 77,83. Hasil uji prasyarat data prettest dan posttest menyatakan sampel terdistribusi Normal dan Homogen. Dari hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” pada taraf signifikan 0,05 yaitu dk = N-1, dk =30-1= 29 (0,05) = (29,29) = 1,861. 0,05 = 1,861 Ttabel. Hasil perhitungan yang dilakukan dapat diketahui bahwa Thitung<Ttabel = -9,6573<1,861. Dengan demikian apabila Ho ditolak, maka Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada Pengaruh Pendekatan Multimodal Terhadap Kemampuan mengidentifikasi Teks Ulasan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan.