dc.contributor.author | HUTABARAT, EDDIE MAULIATE | |
dc.date.accessioned | 2023-08-08T02:24:43Z | |
dc.date.available | 2023-08-08T02:24:43Z | |
dc.date.issued | 2023-08-08 | |
dc.identifier.uri | https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8821 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran yang terbaik diantara model Kooperatif Tipe Jigsaw I dan pendekatan ilmiah terhadap kemampuan siswa dalam pemahaman konsep dan pemecahan masalah pada materi program linear di Kelas XI SMA Negeri 1 Pahae Julu T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan populasi penelitian ada 2 kelas yaitu seluruh siswa kelas XI. Dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling, diperoleh sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 1 berjumlah 34 siswa. Intrumen yang digunakan adalah test berbentuk uraian. Perhitungan analisis data menggunakan uji t Benferoni test. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Kooperatif Tipe Jigsaw I lebih baik dari pendekatan ilmiah terhadap kemampuan peserta didik pada pemahaman konsep pada materi program linear, dan Pembelajaran dengan model Kooperatif Tipe Jigsaw I lebih baik dari pendekatan ilmiah terhadap kemampuan peserta didik pada pemecahan masalah pada materi program linear di Kelas XI SMA Negeri 1 Pahae Julu T.P. 2018/2019. | en_US |
dc.subject | Pemahaman konsep, | en_US |
dc.subject | Pemecahan Masalah, | en_US |
dc.subject | Kooperatif Tipe Jigsaw I, | en_US |
dc.subject | Pendekatan Ilmiah | en_US |
dc.title | PEMBELAJARAN DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW I DAN PENDEKATAN ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM PEMAHAMAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH PADA PROGRAM LINEAR DI KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PAHAE JULU T.P. 2018/2019 | en_US |