dc.contributor.author | SITUMORANG, RIA MONALISA | |
dc.date.accessioned | 2023-06-13T08:56:31Z | |
dc.date.available | 2023-06-13T08:56:31Z | |
dc.date.issued | 2023-06-13 | |
dc.identifier.uri | https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8731 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Kemampuan siswa menulis teks deskripsi dengan menggunakan media tayangan film jokowi the movie di kelas VII SMP Negeri 5 Medan tahun ajaran 2022/2023, (2) Kemampuan siswa menulis teks deskripsi tanpa menggunakan media tayangan film jokowi the movie di kelas VII SMP Negeri 5 Medan tahun ajaran 2022/2023, (3) Pengaruh penggunaan media tayangan film jokowi the movie terhadap kemampuan siswa menulis teks deskripsi pada siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 5 Medan tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain control group pre test-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5Medan tahun ajaran 2021/ 2022 sebanyak 2 kelas dengan jumlah 64 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara teknik cluster sampling, yaitu dua kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (32 siswa) dan kelompok kontrol (32 siswa). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes prestasi belajar. Instrumen diuji menggunakan rumus rata-rata dan standar deviasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji t . Hasil penelitian yang dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh dari penggunaan media tayangan film jokowi the movie terhadap kemampuan siswa menulis teks deskripsi kelas VII di SMP N 5 Medan dalam pelajaran Bahasa Indonesia, membuktikan dalam hasil penelitian sebagai berikut :
Dalam mempunyai beberapa jenis yaitu : (a) Sangat Baik (b) Baik (c) Cukup (d) Kurang (e) Sangat Kurang. Pengaruh penggunaan media tayangan film jokowi the movie menunjukkan pengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam kemampuan menulis teks deksripsi. Melalui metode ini, siswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Sedangkan metode ceramah lebih berpusat pada guru sebagai subjek pembelajaran dan siswa hanya sebagai pendengar bahkan siswa menimbulkan rasa bosan dalam pelajaran. Pengaruh penggunaan media tayangan film jokowi the movie terhadap kemampuan siswa menulis teks deskripsi kelas VII di SMP N 5 Medan di pelajaran bahasa indonesia lebih besar di kelas eksperimen daripada kelas kontrol. Alasan guru menggunakan media tayangan film jokowi the movie supaya siswa diajak lebih aktif dan keraktif dari pada menggunakan metode ceramah.. | en_US |
dc.subject | Pengaruh, | en_US |
dc.subject | Media Tayangan Film Jokowi The Movie, | en_US |
dc.subject | Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Pada Kelas VII SMP Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. | en_US |
dc.title | PENGARUH PENGGUNAAN TAYANGAN MEDIA FILM JOKOWI THE MOVIE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA-SISWI KELAS VII SMP NEGERI 5 MEDAN | en_US |