ANALISIS PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN ARIEF RAHMAN HAKIM KOTA MEDAN (STUDI KASUS)
Abstract
Kota Medan termasuk kota yang memiliki populasi penduduk terbanyak, tentu dengan banyaknya penduduk maka penggunaan alat transportasi juga meningkat. Alat transportasi sangat berguna bagi masyarakat Kota Medan maupun kota kota lain dan sangat berperan aktif dalam aktivitas masyarakat setiap harinya, aktivitas masyarakat yang selalu menggunakan alat transportasi menyebabkan kepadatan arus lalu lintas akibatnya volume arus lalu lintas juga meningkat. Aktivitas lalu lintas yang padat menyebabkan lalu lintas menjadi macet, kapasitas ruas jalan menjadi tidak seimbang dengan banyaknya pengendera yang dari tahun ke tahun terus bertambah. Salah satu jalan yang mengalami kemacetan adalah Jalan Arief Rahman Hakim Kota Medan, di tengah volume lalu lintas yang padat ini banyak kendaraan yang parkir pada bahu jalan, pedagang yang berjualan hingga menggunkan ruas Jalan Arief Rahman Hakim sehingga menimbulkan hambatan samping bagi pengendara yang melalui jalan ini. Oleh karena permasalah tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pada jalan tersebut dengan judul “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan”. Penelitian dilakukan selama 2 minggu, data diolah menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (1997). Hasil penelitian diambil pada Hari Senin 1 Agustus 2022 pada jam tersibuk yaitu 07.00-08.00 WIB dengan volume kendaraan padat menunjukan bobot hambatan samping = 303,4 dan kapasitas jalan dengan adanya hambatan samping 5768,95 dengan V/C tertinggi 0,30 menunjukan tingkat pelayanan jalan berada pada C, lalu lintas ramai kecepatan terbatas.
Collections
- Sipil [285]