Show simple item record

dc.contributor.authorSITOMPUL, ANDREAS
dc.date.accessioned2023-03-31T09:07:47Z
dc.date.available2023-03-31T09:07:47Z
dc.date.issued2023-03-31
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8451
dc.description.abstractJalan raya atau perkerasan jalan yang terbebani oleh kendaraan volume lalu lintas yang tinggi dan berulang-ulang akan mengakibatkan penurunan kualitas jalan sehingga perkerasan yang telah didesain sebelumnya mengalami kerusakan. Pembuatan jalan baru maupun rekonstruksi jalan seperti pelebaran jalan, peningkatan kualitas jalan bisa menjadi cara alternatif untuk menanggulangi kerusakan jalan. Dalam perencanaan tebal perkerasan jalan mempunyai berbagai metode yang dapat digunakan seperti Manual Desain Perkerasan Jalan Bina Marga, Analisa Komponen Bina Marga, AASHTO, dan lain lain. Tujuan penelitian ini yaitu untuk merencanakan tebal lapisan perkerasan dengan menggunakan perbandingan metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 Bina Marga dan Metode AASHTO 1993 (American Association of State Highway of Tranportation Offficials) serta membandingkan hasil perencanaan kedua metode tersebut. Berdasarkan hasil analisis dan perhitungan desain tebal perkerasan jalan dengan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 Bina Marga dan Metode AASHTO 1993 diperoleh hasil menunjukkan bahwa dari setiap lapisan dengan kedua metode tersebut berbeda ini dikarenakan cara analisis yang berbeda.en_US
dc.subjectPerkerasan lentur,en_US
dc.subjectManual Desain Perkerasan Jalan 2017,en_US
dc.subjectAASHTO 1993,en_US
dc.subjectTebal Perkerasanen_US
dc.titleANALISIS TEBAL PERKERASAN LENTUR DENGAN PERBANDINGAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017 BINA MARGA DAN METODE AASHTO 1993en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record