Show simple item record

dc.contributor.authorDamanik, Dwi Fanny
dc.date.accessioned2023-03-21T04:41:47Z
dc.date.available2023-03-21T04:41:47Z
dc.date.issued2023-02-02
dc.identifier.urihttps://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8400
dc.description.abstractKeberhasilan belajar siswa dapat optimal ketika siswa mampu belajar secara mandiri. Siswa mandiri mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan dapat mengatasi kesulitan yang dihadapinya. Oleh karena itu, masalah kemandirian belajar yang rendah harus segera diatasi agar tidak berdampak buruk bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh terhadap kemandirian belajar siswa di SMA Swasta GKPS 1 Pem.Raya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta GKPS 1 Pem.Raya pada siswa jurusan IPS dengan jumlah populasi 315 orang dan sampel 200 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala Likert dari aspek pola asuh menurut Baumrind dan dari aspek kemandirian dari Steinberg. Teknik menentukan jumlah sampel menggunakan Gpower. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana, yang menunjukkan hasil bahwa ada pengaruh antara pola asuh terhadap kemandirian belajar di SMA GKPS 1 Pem.Raya sebesar 0,040% (4%) sedangkan sisanya 96% adalah dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel pola asuh.en_US
dc.subjectpola asuhen_US
dc.subjectkemandirian siswaen_US
dc.titlePengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Jurusan IPS di SMA Swasta GKPS 1 Pem.Rayaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record