• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Ekonomi
    • Akuntansi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Ekonomi
    • Akuntansi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENGGAJIAN PADA HOTEL PARDEDE INTERNASIONAL MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    REY SANDRO AGAM SIALLAGAN.pdf (245.4Kb)
    Date
    2022-12-19
    Author
    SIALLAGAN, REY SANDRO AGAM
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan unsur-unsur sistem pengendalian intern penggajian pada Hotel Pardede Internasional Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yaitu dari sejarah perusahaan, struktur organisasi dan prosedur penggajian karyawan. Untuk memperoleh data tersebut digunakan metode pengumpulan data yaitu: dokumentasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menemukan Pada Hotel Pardede Internasional Medan tidak dilakukan pemisahan fungsional terutama dalam fungsi pemberi gaji yang dilakukan oleh pembuat daftar gaji karyawan dan yang bertanggung jawab dalam penggajian. Sistem wewenang dan prosedur pencatatan pada Hotel Pardede Internasional Medan sudah dilaksanakan dengan baik dan prosedur yang ada sudah sesuai dengan yang dibutuhkan Hotel Pardede Internasional Medan. Praktik yang sehat, pada Hotel Pardede Internasional Medan telah dilaksanakan dalam sistem penggajian terutama pembuatan daftar gaji diverifikasi kebenarannya dan ketelitian perhitungan oleh manajer, pengisian kartu hadir karyawan diawasi oleh front office, dan catatan penghasilan karyawan disimpan oleh front office, hal ini dapat mencegah terjadinya penyalahgunaan gaji karena dengan pengecekan perhitungan gaji kemungkinan terjadi kesalahan sangat kecil dalam memberikan gaji ke karyawan. Kemudian setiap bulannya front office membuat daftar gaji, pembuatan daftar gaji bertanggung jawab untuk menghitung gaji karyawan.Berdasarkan kesimpulan dibuat, maka dikemukakan saran yaitu untuk kinerja yang telah berjalan dengan baik dalam Hotel Pardede Internasional Medan supaya dapat dipertahankan, agar dapat menjadi pedoman bagi Hotel Pardede Internasional Medan dalam menjalankan operasi perusahaan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada Hotel Pardede Internasional Medan.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8288
    Collections
    • Akuntansi [1801]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback