Show simple item record

dc.contributor.authorSIMANULLANG, ESRA NURHAYATI
dc.date.accessioned2022-12-05T07:15:27Z
dc.date.available2022-12-05T07:15:27Z
dc.date.issued2022-12-05
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8020
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan dilakukan di PT Graha Prima Mentari. Perusahan ini merupakan perusahaan dagang yang bergerak sebagai distributor minuman ringan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem akuntansi persediaan barang dagangan pada PT Graha Prima Mentari. Jenis data dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengunakan sumber primer, dan juga metode pengumpulan data adalah dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu mengumpulkan data, merumuskan dan juga mengklasifikasikan, mengintreprestasikan data yang diperoleh sehingga dapat memberikan gambaran umum mengenai objek penelitian atau kebijakan yang dilaksanakan oleh perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem akuntansi persediaan barang dagangan yang diterapkan di PT Graha Prima Mentari terdiri dari sistem order barang, sistem pengeluaran barang dagangan, dan sistem perhitungan fisik persediaan. Dalam prosedur order barang dari perusahaan pusat tidak mengunakan catatan dan dokumen akuntansi. sedangkan prosedur pengeluaran barang dari gudang kepada konsumen dilakukan dengan cukup baik. Dalam perhitungan fisik persediaan barang digudang dilakukan oleh bagian admin disptachcer dan bagian gudang. Terjadinya kesalahan pencatatan kuantitas barang yang dicatat didalam gudang karena dilakukan oleh dua pihak yaitu bagian gudang dan admin disptacher. Dapat disimpulkan bahwa sistem akuntansi persediaan pada PT Graha Prima Mentari sudah cukup baik. PT Graha Prima Mentari dari hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dikemukakan dapat disarankan 1. Dalam penanganan persediaan yang masuk ke perusahaan sebaiknya dilakukan oleh hanya satu pihak saja yaitu hanya bagian gudang saja. 2. Dalam transaksi order barang dari perusahaan pusat seharusnya menggunakan dokumen dan catatan akuntansi yang seharusnya agar tidak terjadi kesalahan dalam transaksi order barang dari perusahaan pusat.en_US
dc.subjectSistem Akuntansi,en_US
dc.subjectPersediaanen_US
dc.titleEVALUASI SISTEM AKUNTANSI PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN PADA PT GRAHA PRIMA MENTARIen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record