Show simple item record

dc.contributor.authorTINAMBUNAN, ALI ANDO
dc.date.accessioned2022-11-28T02:25:36Z
dc.date.available2022-11-28T02:25:36Z
dc.date.issued2022-11-28
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7888
dc.description.abstractPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Keterampilan Mengajar Guru PPKn Dalam Mengaktifkan Siswa Kelas IX SMP Y.P TRI JAYA Medan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta secara apa adanya dan berdasarkan penelitian di lapangan. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi secara langsung ke SMP Y.P TRI JAYA Medan, penyebaran angket, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 55 orang dan sampel yang digunakan adalah seluruh jumlah sampel, dari jumlah populasi yaitu sebanyak 55 orang dengan menggunakan teknik sampel total . Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SMP Y.P TRI JAYA Medan dapat disimpulkan bahwa responden yang menjawab guru PPKn menguasai keterampilan mengajar dalam mengaktifkan siswa kelas IX SMP Y.P TRI JAYA Medan yaitu dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa, memberikan pujian kepada siswa, mengajar dengan metode secara bervariasi, menyampaikan materi yamg mudah dipahami, membuka dan menutup pempelajaran, sebelum memulai pembelajaran selalu menyampaikan tujuan materi yang akan disampaikan, memberikan kesempatan pada siswa untuk mengeluarkan pendapat, mengadakan diskusi kelompok, mengelola kelas dan memperhatikan siswa, memberikan motivasi kepada siswa, pada saat masuk ke ruang kelas selalu memberikan kata salam, memberikan nasihat moral kepada siswa, pada saat memberi perintah siswa melaksanakannya, siswa mengerjakan tugas rumah yang diberikan, menjelaskan tujuan yang terkandung dalam Pancasila, menerapkan sifat gotong royong, menggunakan media pembelajaran agar peserta didik tidak bosan, metode pembelajaran yang membuat siswa berpartisipasi aktif dalam pempelajaran, menyampaikan materi pembelajaran dengan jelas dan mudah dipahami dan pada saat pembelajaran berlangsung siswa mengikutinya.en_US
dc.subjectAnalisis,en_US
dc.subjectKeterampilan Guru,en_US
dc.subjectPartisipasi Siswaen_US
dc.titlePengaruh Keterampilan Mengajar Guru PPKn Dalam Mengaktifkan Siswa Kelas IX SMP Y.P TRI JAYA Medan T/P 2021/2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record