Show simple item record

dc.contributor.authorSINAGA, PUTRI MEKAR SARI
dc.date.accessioned2022-11-15T03:49:33Z
dc.date.available2022-11-15T03:49:33Z
dc.date.issued2022-11-15
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7651
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis alih kode dan campur kode, bentuk alih kode dan campur kode serta faktor-faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode pada percakapan guru dan siswa kelas VII di SMP Wiraswasta Batang Kuis. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah menggunakan teknik simak dan teknik catat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, ada 4 hal yang perlu disampaikan dalam penelitian ini. Pertama jenis alih kode dan campur pada percakapan guru dan siswa kelas VII di SMP Wiraswasta Batang Kuis yaitu peralihan dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa atau sebaliknya, peralihan dari bahasa Indonesia ke bahasa Batak Toba atau sebaliknya, peralihan dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab. Kedua bentuk alih kode dan campur kode pada percakapan guru dan siswa kelas VII di SMP Wiraswasta Batang Kuis yaitu pencampuran dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa atau sebaliknya, pencampuran dari bahasa Indonesia ke bahasa Batak Toba atau sebaliknya. Ketiga Faktor penyebab terjadinya alih kode pada percakapan guru dan siswa kelas VII di SMP Wiraswasta Batang Kuis yaitu (1) pembicara atau penutur, (2) lawan tutur, (3) perubahan situasi hadirnya orang ketiga, (4) perubahan topik pembicaraan, (5) perubahan untuk membangkitkan rasa humor. Keempat Faktor penyebab terjadinya bentuk kode pada percakapan guru dan siswa kelas VII di SMP Wiraswasta Batang Kuis yaitu (1) perubahan situasi hadirnya orang ketiga, (2) perubahan topik pembicaraan, (3) perubahan untuk membangkitkan rasa humor.en_US
dc.subjectAlih kode,en_US
dc.subjectCampur kodeen_US
dc.titleANALISIS ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA PERCAKAPAN GURU DAN SISWA KELAS VII DI SMP WIRASWASTA BATANG KUISen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record