dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Duta-Duti Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas Vlll Tahun Pembelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Parbuluan tahun pembelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 12 kelas dengan keseluruhan populasi 384 siswa. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 64 siswa dengan total dua kelas yang dipilih secara Cluster Sampling yaitu kelas Vlll-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas Vlll-3 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis metode penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah berupa essay penugasan yang dilakukan di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas menggunakan uji F, uji Homogenitas dan uji Hipotesis menggunakan uji “t”. Uji Normalitas terdapat Lhitung ˂ Ltabel yaitu 0,1103 ˂ 0,1566 sehigga terdistribusi normal. Uji Homogenitas Lhitung ˂ Ltabel yaitu 1,21 ˂ 1,76 sehingga varians kelas eksperimen dan kontrol adalah homogen. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan uji “t” pada taraf
signifikan ∝ = 0,05. Dari data penghitungan thitung ˃ ttabel (23,441 ˃
1,670). Dengan demikian hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model duta-duti dapat meingkatakan hasil belajar siswa dalam menulis teks eksposisi. hitung L tabel L hitung F tabel F hitung t tabel t. | en_US |