dc.description.abstract | Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada keterampilan menulis cerpen kelas XI SMA Tri Sakti Lubuk Pakam .
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Tri Sakti Lubuk Pakam, populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 21 orang. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan design eksperimen one group pre-test post-test. Instrumen penelitian berupa penegasan dilakukan dua kali yakni pada pre-test dan post-test. Sebelum melakukan pengujian hipotesis lebih dahulu dilakukan penggujian data, kemudian uji persyaratan analisis (normalitas dan homogenetis).
Dari hasil analisis data dengan mengunakan uji t diperoleh dengan huruf signifikan a = 0.05 diperoleh t hitung =21,504 dengan harga tTabel = 2,048. Menunjukkan tHitung>tTabel(21,504>2,048). Hal tersebut menunjukkan bahwa Ho dan diterima Ho ditolak , dalam arti media video dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen, hal ini dapat dideskripsi data analisis data.
Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis cerpen kelas XI SMA Tri Sakti Lubuk Pakam . | en_US |