dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan pemahaman siswa dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penulisan teks prosedur siswa SMP Negeri 1 Tigalingga. (2) mendeskripsikan kesalahan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penulisan teks prosedur siswa SMP Negeri 1 Tigalingga. (3) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penulisan teks prosedur siswa SMP Negeri 1 Tigalingga.
Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang mengumpulkan data- data mengenai topik yang akan di teliti. Metode penelitian kualitatif ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif yang menganalisis mengenai Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar dalam Penulisan Teks Prosedur di SMP Negeri 1 Tigalingga. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Tigalingga. Jumlah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tigalingga berjumlah 32 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 32 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tigalingga yang mengikuti tes penugasan menulis teks prosedur. Sampel yang mendapat nilai 80 sebanyak 2 orang, sampel yang mendapat nilai 75 sebanyak 5 orang, sampel yang mendapat nilai 70 sebanyak 3 orang, sampel yang mendapat nilai 65 sebanyak 15 orang, dan sampel yang mendapat nilai 60 sebanyak 7 orang. Nilai rata-rata kemampuan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penulisan teks prosedur siswa SMP Negeri 1 Tigalingga adalah 66,875. Maka disimpulkan dengan nilai 66,875 masuk kedalam kategori kurang mampu. | en_US |