Show simple item record

dc.contributor.authorDAMANIK, DWI FANNY
dc.date.accessioned2022-11-01T03:45:56Z
dc.date.available2022-11-01T03:45:56Z
dc.date.issued2022-11-01
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7424
dc.description.abstractKeberhasilan belajar siswa secara optimal dilakukan dengan adanya kemandirian. Kemandirian siswa umumnya berkaitan dengan kemampuan siswa untuk melakukan suatu hal sendiri. Siswa yang mandiri mampu beradaptasi dengan keadaan sekitarnya dan dapat mengatasi kesulitan yang dihadapinya. Oleh karena itu masalah kemandirian belajar yang rendah harus diatasi sehingga agar tidak menjadi dampak yang buruk bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua terhadap kemandirian belajar siswa di SMA Swasta GKPS 1 Pem.Raya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta GKPS 1 Pem.Raya pada siswa jurusan IPS dengan jumlah populasi 315 orang dan jumlah sampel 200 orang. Alat pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah menggunakan skala Likert dari aspek pola asuh orangtua oleh Baumrind dan dari aspek kemandirian dari Steinberg. Teknik pengambilan sampel menggunakan Gpower. Analisis data yng digunkan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji regresi linear sederhana, yang menunjukan hasil bahwa ada pengaruh antara pola asuh orangtua terhadap kemandirian belajar di SMA GKPS 1 Pem.Raya sebesar 0,040% (4%) sedangkan sisanya 96% dipengaruhi oleh faktor lainnya diluar dari variabel pola asuh orangtuaen_US
dc.subjectKemandirian,en_US
dc.subjectPola Asuh Orangtuaen_US
dc.titlePengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Jurusan IPS di SMA Swasta GKPS 1 Pem.Rayaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record