dc.description.abstract | Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Course Riview Horay Guna Peningkatan Menelaah Teks Cerpen Oleh Siswa Kelas XI SMK Delima Sari Tiga Juhar Tahun Pembelajaran 2021/2022. Jumlah populasi terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 40 orang. Dari populasi tersebut di tetapkan sampel sebanyak 40 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah two grub pretest-posttest design. Dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menelaah teks cerpen. Untuk memperoleh data, instrumen yang digunakan adalah tes penugasan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, maka kemampuan siswa kelas XI SMK Delima Sari Tiga Juhar dalam menelaah teks cerpen sebelum menggunakan model pembelajaran Course Riview Horay memiliki kategori kurang dengan memperoleh rata-rata 45,925. Sedangkan kemampuan siswa kelas XI SMK Delima Sari Tiga Juhar dalam menelaah teks cerpen setelah menggunakan model pembelajaran Course Riview Horay memiliki kategori baik dengan nilai rata-rata 82,375.
Berdasarkan uji normalitas hasil post-test dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Dilakukan pengajuan hipotesis dengan menggunakan uji “t” yang diperoleh t_0 = 28,7. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel tarafsignifikan 5% dengan taraf df = (N-1) = (20-1) = 19. Dari df 19 diperoleh t_tabel = 28,7. Dengan demikian bahwa t_hitung> t_tabel = 28,7 > 2,09, maka hipotesis alternatif (HA) diterima dan hipotesis nihil (HO) ditolak. | en_US |