Show simple item record

dc.contributor.authorMANURUNG, ROSAULINA JUNETTY
dc.date.accessioned2022-10-27T04:16:58Z
dc.date.available2022-10-27T04:16:58Z
dc.date.issued2022-10-27
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7302
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik di kelas VIII UPT SMP Negeri 7 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan instrumen tes dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 UPT SMP Negeri 7 Medan dengan objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi teorema Pythagoras menggunakan pendekatan saintifik di kelas VIII UPT SMP Negeri 7 Medan T.P. 2021/2022. Berdasarkan analisis data kemampuan penalaran matematis peserta didik pada siklus I diperoleh persentase secara individu sebesar 67%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase secara individu sebesar 82% dengan peningkatan persentase sebesar 15% dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh persentase klasikal sebesar 45,45% (nilai ≥ 75). Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase klasikal sebesar 84,84% (nilai ≥ 75). Aktivitas peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan kategori sangat aktif. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi Teorema Pythagoras Di Kelas VIII UPT SMP Negeri 7 Medan T.P. 2021/2022”en_US
dc.subjectKemampuan Penalaran Matematis,en_US
dc.subjectPendekatan Saintifiken_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS Vlll UPT SMP NEGERI 7 MEDAN T.P. 2021/2022en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record