Show simple item record

dc.contributor.authorSIBAGARIANG, DEPA IDES
dc.date.accessioned2022-10-27T04:04:27Z
dc.date.available2022-10-27T04:04:27Z
dc.date.issued2022-10-27
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7300
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan model discovery learning pada materi perpangkatan di kelas IX SMP Negeri 10 Medan T.A. 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan instrument tes dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 10 Medan, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi perpangkatan dengan model discovery learning di kelas IX SMP Negeri 10 Medan. Berdasarkan analisis data kemampuan penalaran matematis peserta didik pada siklus 1 diperoleh persentase secara klasikal sebesar 40,00% (nilai ≥72). Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase secara klasikal sebesar 86,66% (nilai ≥72). Dilihat dari siklus 1 dan siklus II dimana terjadinya peningkatan persentase kemampuan penalaran matematis peserta didik sebesar 46,66% Aktifitas peserta didik juga dari siklus 1 ke siklus II mengalami peningkatan dengan kategori aktifitas Baik. Aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus II dengan kategori aktivitas sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi perpangkatan di kelas IX SMP Negeri 10 Medan T.A 2022/2023.en_US
dc.subjectKemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik,en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Discovery Learning.en_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PERPANGKATAN DI KELAS IX SMP NEGERI 10 MEDAN T.A 2022/2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record