dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan analisis model pembelajaran berbasis e-learning berbantuan media YouTube tentang bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis e-learning berbantuan media YouTube, bagaimana hasil belajar model pembelajaran berbasis e-learning berbantuan media YouTube, kendala apa yang dialami siswa dalam menggunakan model pembelajaran berbasis e-learning berbantuan media YouTube dan apa kelebihan dan kelemahan dari model pembelajaran berbasis e-learning berbantuan media YouTube pada siswa kelas XII SMK Swasta Marisi Medan T.A. 2021/2022.
Penelitian ini berjenis penelitian pembelajaran deskriptif kulitatif karena menafsirkan fenomena mengenai apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik, dan melalui deskripsi dalam bentuk bahasa dan kata-kata, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Dengan cara menganalisis faktor-faktor yang berkaitan dengan objek penelitian dengan menyajikan data secara mendalam terhadap objek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Swasta Marisi Medan jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran dan Akuntasi Keuangan Lembaga sebanyak 62 orang.
Hasil dari penelitian ini yaitu adapun penerapan yang dengan cara guru memilih materi pembelajaran, lalu membuat meteri tersebut ke dalam video pembelajaran dalam bentuk audio, teks, animasi dengan menarik dan menunggahnya kedalam YouTube, dan mengirim link tersebut ke dalam google classroom untuk disimak dan dipelajari. Kemudian dengan adanya YouTube yang dilengkapi dengan materi yang baik hal ini sangat mendukung keberhasilan belajar. Adapun kendala yang dialami oleh siswa kurang mendukungnya sinyal dan gawai, sulitnya melakukan praktik pada saat pembelajaran online. Kemudian kelebihannya memudahkan siswa untuk belajar kapan saja dan dimana saja, tidak dibatasi oleh waktu dan ruang, lalu kekurangannya guru tidak bisa melakukan pengawasan secara langsung pada saat proses pembelajaran berlangsung. | en_US |