Show simple item record

dc.contributor.authorSIBORO, MONIKA
dc.date.accessioned2022-02-04T05:30:30Z
dc.date.available2022-02-04T05:30:30Z
dc.date.issued2022-02-04
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6488
dc.description.abstractPenelitian ini berjudul Analisis Implikatur Percakapan Guru dan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Bustanul Makmur Genteng di Video Youtube bertujuan untuk mengetahui prinsip kerja sama pada implikatur yang digunakan pada percakapan guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia SMP Bustanul Makmur Genteng di Video Youtube sesuai teori Grace. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak libat cakap. Selanjutnya teknik analisis data dengan langkah berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis terdapat 31 tuturan yang termasuk dalam empat maksim kerja sama yang dikemukakan oleh Grice. Prinsip kerja sama tersebut yakni 14 maksim kuantitas, 1 maksim kualitas, 2 maksim relevansi dan 14 maksim pelaksanaan/ cara.Prinsip kerja sama paling dominan adalah maksim kualitas 45,16 % , maksim pelaksanaan/ cara sebanyak 45,16 %, maksim kauntitas 6,45 % dan maksim relevansi 3,22 %.en_US
dc.subjectImplikatur percakapan,en_US
dc.subjectPrinsip kerja sama Griceen_US
dc.titleANALISIS IMPLIKATUR PERCAKAPAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP BUSTANUL MAKMUR GENTENG DI VIDEO YOUTUBEen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record