dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran daring pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, untuk mengetahui faktor pendukung implementasi pembelajaran daring pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang dan untuk mengetahui faktor penghambat implementasi pembelajaran daring pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis
deskriptif. Analisis data hasil penelitian diperoleh dari proses mencari dan
menyusun secara sistematis, data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara
dan lapangan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan
dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Implementasi model pembelajaran daring pada pembelajaran bahasa indonesia yaitu dengan memanfaatkan beberapa macam aplikasi, penggunaan RPP satu lembar dan evaluasi lembar kerja tertulis yang dapat diambil dan dikumpulkan langsung ke sekolah. 2) Faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran daring yaitu, kurangnya efektifitas dan efisiensi waktu dan permasalahan dalam jaringan internet untuk terhubung dadlam jaringan belajar daring, serta kurangnya antusias atau minat siswa dalam belajar dan minimnya siswa akan pemahaman materi. 3) Faktor pendukung pembelajaran daring yaitu, sekolah memfasilitasi wifi untuk guru di sekolah, HP android dan siswa diberikan kuota internet gratis oleh pemerintah setiap bulannya. | en_US |